Kampus Swasta Terbaik di Kota Bandung!

#KuliahHarusTau

Dilansir dari postingan @goodstats.id ternyata Bandung merupakan Kota kedua teratas pilihan Masyarakat Indonesia untuk Pendidikan lohhh!

Sumber: https://www.instagram.com/p/Cnd79uVSmVl/

Menurut responden, kota terbaik untuk menempuh pendidikan yaitu Kota Yogyakarta diikuti oleh Bandung, Malang, Jakarta dan Solo. Hal ini diperkuat oleh hasil FGD yang dilaksanakan oleh tim Goodstats pada tanggal 30 November 2022.

Berdasarkan survei, alasan yang membuat responden memilih kota terbaik untuk menempuh pendidikan yaitu memiliki banyak kampus berkualitas (83%) dan fasilitas umum dan transportasi memadai (51%).

Kota Bandung tidak hanya memiliki universitas negeri yang terkenal, tetapi juga memiliki banyak perguruan tinggi swasta yang diminati oleh banyak orang.

Kota Bandung, sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, menjadi tujuan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi mereka.

Jika mereka tidak diterima di universitas negeri ternama di Bandung seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad), perguruan tinggi swasta menjadi pilihan terakhir dan terbaik bagi mereka.

Berikut ini adalah daftar 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Bandung yang telah disusun berdasarkan berbagai sumber:

  • Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) Bandung

ULBI adalah perguruan tinggi swasta yang beroperasi di bawah pengawasan Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI). Sebelumnya dikenal sebagai POLTEKPOS, institusi ini mengalami perubahan menjadi ULBI. Pada tahun 2013, YPBPI mendirikan STIMLOG, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia. Kemudian, pada tanggal 24 Mei 2022, POLTEKPOS dan STIMLOG bergabung menjadi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI).

Lokasi kampus ULBI terletak di Jalan Sariasih, Nomor 54, Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung. ULBI memiliki Fakultas Sekolah Vokasi yang menawarkan program Ahli Madya dan Sarjana Terapan.

Di Sekolah Vokasi ULBI, terdapat beberapa program studi yang ditawarkan. Program D3 (Ahli Madya) meliputi Manajemen Logistik, Manajemen Bisnis, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Akuntansi. Sementara itu, program Sarjana Terapan (S1 Terapan) mencakup Logistik Bisnis, Manajemen Bisnis, Teknik Informatika, Akuntansi Keuangan, dan E-Commerce Logistics.

Selain itu, ULBI juga menggelar Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Untuk Informasi Pendaftaran kamu bisa klik : https://admission.ulbi.ac.id/ 

  • Universitas Pasundan (Unpas)
Unpas adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan dan dijalankan oleh Yayasan Pendidikan Tinggi (YPT) Pasundan di bawah naungan Paguyuban Pasundan. Pendirian kampus ini dilakukan pada tanggal 14 November 1960, dan sejak itu telah menghasilkan lebih dari 70.000 lulusan.

Unpas Bandung memiliki enam fakultas S1 yang menawarkan berbagai program studi. Fakultas tersebut meliputi Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Seni dan Sastra, serta Fakultas Kedokteran.

Selain itu, Unpas Bandung juga menyelenggarakan program pascasarjana (S2) dan program doktoral (S3). Universitas ini juga menawarkan pendidikan program profesi untuk guru dan dokter.

Kampus utama Unpas terletak di Jalan Tamansari, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Namun, Unpas juga memiliki kampus lain yang terletak di Jalan Setiabudi, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, serta Jalan Lengkong Besar, Kelurahan Cikawao, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.

  • Universitas Telkom (Tel-U)

Yayasan Pendidikan Telkom bertanggung jawab dalam pengelolaan Universitas Telkom atau dikenal juga sebagai Telkom University. Perguruan tinggi swasta ini bermula dari pendirian Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telkom pada tahun 1990.

Seiring berjalannya waktu, STT Telkom mengubah namanya menjadi Telkom University (Tel-U) pada tahun 2021. Saat ini, Telkom University memiliki tujuh fakultas yang berbeda.

Fakultas-fakultas tersebut meliputi Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selain itu, terdapat juga Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, serta Fakultas Ilmu Terapan.

Kampus utama Universitas Telkom terletak di Jalan Telekomunikasi 1, Terusan Buahbatu-Bojongsoang, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Selain itu, Telkom University juga telah membuka kampus di Jakarta.

  • Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung
Itenas Bandung merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi. Pada awalnya, perguruan tinggi ini didirikan sebagai akademi pada tanggal 14 Desember 1972 dengan nama Akademi Teknologi Nasional (Atenas).

Awalnya, Atenas terdiri dari beberapa jurusan, antara lain Arsitektur, Sipil, Elektro, dan Teknik. Pada tahun 1984, Atenas mengalami perubahan nama menjadi Itenas.

Sejak itu, Itenas terus mengalami perkembangan menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2019, Itenas masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik nonvokasi nasional dan menduduki peringkat ke-70 berdasarkan klasterisasi kinerja perguruan tinggi oleh Kemenristekdikti.

Baru-baru ini, Itenas kembali menjadi perbincangan setelah alumni dan dosen luar biasa Itenas, Aulia Akbar, berhasil menjadi juara dalam desain logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Desain logo berupa gambar pohon hayati yang dirancang oleh Aulia Akbar dan timnya dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai logo resmi IKN Nusantara.

Kampus Itenas terletak di Jalan PHH Mustofa Nomor 23, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.
  • Universitas Langlangbuana
Unla Bandung adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang pertama kali berdiri pada awal tahun 1980 atas inisiatif beberapa purnawirawan Polri dan cendekiawan Unpad yang prihatin dengan pendidikan. Kemudian, pada tahun 1982, pendirian Universitas Langlangbuana mendapatkan restu resmi dari Kadapol VIII Langlangbuana Jabar (sekarang Polda Jabar).

Secara formal, Unla didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tri Bhakti (YPTB). Hingga saat ini, Unla berlokasi di Jalan Karapitan Nomor 116, Kelurahan Cikawao, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, dan menyelenggarakan 14 program studi tingkat sarjana (S1), 4 program studi tingkat magister (S2), dan 1 program studi tingkat diploma III.
  • Universitas Islam Nusantara (Uninus)
Uninus, pada awal berdirinya, dikenal sebagai Universitas Nahdlatul Ulama (Unnu) yang didirikan pada tanggal 30 November 1959. Kemudian, pada tanggal 15 April 1969, sebagai hasil dari dinamika politik pada saat itu, terjadi penggabungan antara Fakultas Hukum Universitas Ibnu Khaldun, Akademi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Tinggi Dakwah Islam, dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Bandung.

Setelah penggabungan tersebut, Unnu mengubah namanya menjadi Universitas Islam Nusantara yang disingkat Uninus. Saat ini, Uninus memiliki tujuh fakultas yang berbeda.

Fakultas-fakultas tersebut meliputi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Agama Islam. Kampus Uninus terletak di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 530, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung.
  • Universitas Kristen Maranatha
Universitas Kristen Maranatha didirikan pada tanggal 11 September 1965. Sebagai perguruan tinggi swasta (PTS), universitas ini telah tumbuh menjadi salah satu kampus PTS terbaik di Jawa Barat.

Pada tahun 2020, Universitas Kristen Maranatha berhasil masuk dalam daftar Top 100 Universitas Terbaik di Indonesia. Universitas Maranatha memiliki sembilan fakultas yang berbeda.

Beberapa fakultas tersebut meliputi Fakultas Kedokteran Gigi, Hukum, Teknologi Informasi, Seni Rupa dan Desain, Teknik, Kedokteran, Psikologi, Bahasa dan Budaya, serta Bisnis. Kampus Universitas Kristen Maranatha berlokasi di Jalan Surya Sumantri Nomor 65, Kelurahan Sukawarna, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.
  • Universitas Komputer Indonesia (Unikom)
Unikom Bandung adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terkenal karena prestasinya dalam kontes robot. Mahasiswa-mahasiswa Unikom yang tertarik dan berdedikasi di bidang teknologi robotik sering kali berpartisipasi dalam berbagai kejuaraan robot antar-perguruan tinggi dan sering meraih kemenangan.

Resmi didirikan pada hari Selasa, 8 Agustus 2000, Unikom Bandung beroperasi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 126/D/0/2000. Awal mula berdirinya dapat ditelusuri kembali ke bulan Juli 1994 ketika didirikan Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman (LPKIG).

Saat ini, Unikom Bandung memiliki enam fakultas dengan 23 program studi yang beragam. Ribuan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia memperoleh pendidikan di Unikom Bandung.

Kampus Unikom Bandung terletak di Jalan Dipatiukur Nomor 112-116, Kelurahan Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.
  • Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
Unpar, atau lebih dikenal sebagai Universitas Katolik Parahyangan, adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1955. Awal mula Unpar dapat ditelusuri ke pembentukan fakultas pertamanya pada tanggal 17 Januari 1955.

Pada hari itu, Akademi Perniagaan didirikan oleh Keuskupan Bandung melalui kerja sama antara uskup Bandung dan Bogor. Kemudian, pada bulan Agustus 1955, Akademi Perniagaan tersebut ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi Parahyangan yang saat ini merupakan Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan.

Kampus utama Unpar Bandung terletak di Jalan Ciumbuleuit Nomor 94, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.
  • Universitas Islam Bandung (Unisba)
Unisba, sebuah perguruan tinggi swasta, didirikan pada tahun 1958. Pada tahun 1957, sekelompok tokoh umat Islam Jawa Barat dan beberapa ulama menjadi anggota Konstituate, yang bertujuan untuk menciptakan kader-kader pemimpin umat yang memiliki keahlian dalam agama.

Pada tanggal 15 November 1958, gagasan tersebut diwujudkan melalui pendirian Perguruan Islam Tinggi (PIT) di bawah Yayasan Pendidikan Islam, yang secara resmi tercatat dalam Akte Notaris Lie Kwie Nio dengan nomor 42. Pada tahun 2007, Yayasan Pendidikan Islam berubah menjadi Yayasan Universitas Islam Bandung (Yayasan Unisba) melalui Akte Notaris Dadang Abdul Haris Kosidin, SH., dengan nomor 07, tanggal 22 April 2007.

Saat ini, Unisba memiliki 10 fakultas untuk program sarjana (S1), 6 fakultas untuk program magister (S2), 2 fakultas untuk program doktor (S3), dan 3 fakultas untuk program profesi. Kampus utama Unisba terletak di Jalan Tamansari Nomor 1, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Cari Blog Ini

S2 MANAJEMEN LOGISTIK ULBI RESMI DIBUKA UNTUK MENCETAK MAGISTER YANG HANDAL

Bandung – Program S2 Manajemen Logistik Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) resmi dibuka berdasarkan Surat Izin Operasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi SK. No: 515/E/O/2023. Penyerahan Salinan SK tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Juni 2023 bertempat di LLDIKTI Wilayah IV, Jl. P.H.H. Mustafa No. 38 Bandung. Penyerahan Salinan keputusan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV, M. Samsuri. Profil S2 Manajemen Logistik ULBI  Program Studi Magister Manajemen Logistik ULBI berfokus untuk menjawab kebutuhan industri. Lulusan program ini diharapkan untuk memiliki keterampilan baik secara akademis maupun praktis, khususnya untuk menyelesaikan masalah, pengetahuan untuk merancang, menganalisis, menerapkan dan meningkatkan kinerja sistem logistik. Selain itu, lulusan juga diharapkan untuk mampu menguasai fungsi manjaerial dalam mengkoordinasikan sumber daya yang dibutuhkan dalam sistem logistik. Kapabilit

Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) Gelar Pelatihan Softskills and Character Development Program bagi Staf

Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) telah sukses melaksanakan kegiatan Pelatihan Softskills and Character Development Program bagi Tenaga Kependidikan (Staf) di lingkungan ULBI pada Selasa, 2 April 2024. Acara ini berlangsung di Ruang 161, Gedung Pendidikan Sekolah Vokasi ULBI. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan cara pandang baru dalam memahami karakter, dimensi psikologis pengembangan karakter, serta pengembangan karakter positif dalam interaksi sosial. Dalam pelaksanaannya, pemateri yang dihadirkan adalah Abdul Malik Nasrulloh, MM. dari BMS GLOBAL Softskills Development Center. Abdul Malik Nasrulloh, MM., sebagai pemateri utama dalam acara ini, membahas beragam topik terkait pengembangan softskills dan karakter, memberikan wawasan baru, serta strategi untuk meningkatkan kualitas interaksi sosial dan pemahaman karakter yang positif. Dalam sambutannya, Rektor ULBI, Dr. Prety Diawati, S.Sos., MM., menyampaikan apresiasi atas inisiatif dan partisipasi tenaga kepe

© ‧ Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI). All rights reserved.

Template Blogger Indonesia