SARJANA TERAPAN TEKNIK INFORMATIKA ULBI TERAPKAN TEKNOLOGI BITCOIN DI BIDANG AKADEMIK

PENGGUNAAN SMART CONTRACT UNTUK ADMINISTRASI BIMBINGAN PROYEK


 
Era industry 4.0 senyatanya telah menempatkan teknologi sebagai pemicu inovasi di pusaran berbagai aktivitas manusia, tak terkecuali di dunia pendidikan. Blockchain sebagai salah satu inovasi teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan berbagai kebutuhan dalam pencatatan informasi dan pendistribusiannya secara desentral. 

Blockchain itu sendiri sebenarnya merupakan kumpulan record data dinamis yang disebut block. Konektivitas ini terbangun dan diamankan menggunakan teknik kriptografi. Secara teknis setiap blok akan memuat hash kriptografis dari block sebelumnya, timestamp, dan data transaksi. Setiap block pada sistem akan saling mengait sebagai proteksi sehingga jika ada aktivitas pengubahan data pada satu block, maka perlu dilakukan pengubahan data pada block yang lain. 

Setiap block yang diproteksi oleh kriptografi ini akan saling terhubung dan membuat jejaring. Semua node  dalam jaringan secara terus menerus dan matematis akan mengecek salinan blockchain dengan semua salinan lain di jaringan. Blockchain sebagai teknologi yang diadopsi oleh Bitcoin ini merupakan kombinasi dari teknik kriptografi, matematika, algoritma dan algoritma konsensus terdistribusi.
D4 Teknik Informatika Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) merupakan salah satu program studi ilmu terapan yang pada awal pendiriannya tahun 2011 adalah di bawah pengelolaan Politeknik Pos Indonesia. 

Namun seiring berjalannya waktu, dengan adanya merger dua perguruan tinggi  dibawah pembinaan Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) dan PT. Pos Indonesia (persero) yaitu Politeknik Pos Indonesia dengan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG). Ditahun 2022 ini dua PT tersebut merger menjadi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI).

Sebagai program studi berkinerja terbaik bidang riset di institusi ULBI yang dikutip dari pangkalan data SINTA Kemendikbudristek RI tahun 2022, Program Studi sarjana terapan Teknik Informatika pada tahun akademik 2021/2022 ini telah melakukan terobosan dengan mengimplementasikan blockchain pada kegiatan akademis utamanya di pelaksanaan mata kuliah proyek mahasiswa. Upaya ini dimaksudkan untuk memberikan ruang aktualisasi diri bagi civitas akademika program studi dalam memenuhi tuntutan Tridharma sekaligus mengakselerasikan diri terhadap perkembangan teknologi terkini.

Proses bimbingan pada proyek ini dilakukan menggunakan smart contract solana sebagai pencatat aktivitas yang dijalankan secara otomatis melalui jaringan terpercaya dan dikendalikan oleh komputer yang terintegrasi dengan Chatbot Whatsapp yaitu Iteung. 
Iteung (IT Utility Service Integreted) merupakan salah satu produk unggulan program studi yang dikembangkan sejak tahun 2019 untuk mengintegrasikan seluruh sistem informasi yang ada di lingkungan kampus ULBI berbasis artificial intelligence (AI). Dan dalam implementasi blockchain ini, iteung berperan sebagai integrator yang akan memfasilitasi interkoneksi berbagai kebutuhan transaksi data. 

Implementasi blockchain ini adalah salah satu upaya untuk mewujudkan keinginan direksi sekaligus dewan Pembina Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia, Tonggo Marbun, untuk mendorong teknologi blockchain ini diterapkan di bidang akademik, ungkap Roni Andarsyah selaku ketua program studi sarjana terapan teknik informatika ULBI.
Melengkapi pernyataan ketua program studi, Cahyo Prianto kasubag akademik dan akreditasi program sarjana terapan informatika, menyatakan bahwa teknologi ini sangat memudahkan terutama untuk dokumentasi dan kebutuhan akreditasi karena prosesnya tercatat sangat detail dan realtime.
Rolly M Awangga Selaku Direktur Teknologi Informasi manyatakan mendukung penuh hal tersebut karena ini sesuai dengan roadmap kampus digital ULBI.

Selaras dengan hal tersebut, Dr. Ir Agus Purnomo, selalu Rektor ULBI menyatakan bahwa inovasi ini merupakan pilot project yang dikembangkan program studi sarjana terapan Teknik Informatika  dalam menjalankan ujicoba teknologi blockchain dalam bidang akademik, harapannya kedepan dapat diimplementasikan pada pangkalan data akademik di ULBI.
Dalam sesi wawancara, Ketua YPBPI Dr. Cahyat Rohyana di sela-sela kesibukannya menyampaikan tentang manfaat teknologi blockchain. Dengan teknologi ini, data digital tidak gampang dirubah dan dimanipulasi. Karenanya maka integritas data menjadi tinggi dan ini sangat baik untuk membangun kepercayaan.

Harapan besar atas terlaksananya penerapan teknologi ini adalah terbangunnya reputasi yang baik melalui  upaya program studi yang sistematis dan terprogram. Dan pada gilirannya nanti, mampu mendorong komitmen bersama dalam mengembangkan diri melalui karya dan inovasi yang bermanfaat bagi semua pihak. 
“Tumbuhnya budaya riset menjadi simbol kemakmuran intelektual. Pilot project ini menjadi momentum bersama untuk membangun reputasi institusi yang akan berdampak pada banyak aspek” Jelas Wakil Dekan 1 sekolah vokasi, M. Yusril helmi Setyawan, mengakhiri sesi wawancaranya.







 
   


Cari Blog Ini

Kampus Swasta Terbaik di Kota Bandung!

#KuliahHarusTau Dilansir dari postingan @goodstats.id ternyata Bandung merupakan Kota kedua teratas pilihan Masyarakat Indonesia untuk Pendidikan lohhh! Sumber:  https://www.instagram.com/p/Cnd79uVSmVl/ Menurut responden, kota terbaik untuk menempuh pendidikan yaitu Kota Yogyakarta diikuti oleh Bandung, Malang, Jakarta dan Solo. Hal ini diperkuat oleh hasil FGD yang dilaksanakan oleh tim Goodstats pada tanggal 30 November 2022. Berdasarkan survei, alasan yang membuat responden memilih kota terbaik untuk menempuh pendidikan yaitu memiliki banyak kampus berkualitas (83%) dan fasilitas umum dan transportasi memadai (51%). Kota Bandung tidak hanya memiliki universitas negeri yang terkenal, tetapi juga memiliki banyak perguruan tinggi swasta yang diminati oleh banyak orang. Kota Bandung, sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, menjadi tujuan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi mereka. Jika mereka tidak diterima di universitas negeri ternama di Bandung seperti Institut Teknolo

S2 MANAJEMEN LOGISTIK ULBI RESMI DIBUKA UNTUK MENCETAK MAGISTER YANG HANDAL

Bandung – Program S2 Manajemen Logistik Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) resmi dibuka berdasarkan Surat Izin Operasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi SK. No: 515/E/O/2023. Penyerahan Salinan SK tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Juni 2023 bertempat di LLDIKTI Wilayah IV, Jl. P.H.H. Mustafa No. 38 Bandung. Penyerahan Salinan keputusan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV, M. Samsuri. Profil S2 Manajemen Logistik ULBI  Program Studi Magister Manajemen Logistik ULBI berfokus untuk menjawab kebutuhan industri. Lulusan program ini diharapkan untuk memiliki keterampilan baik secara akademis maupun praktis, khususnya untuk menyelesaikan masalah, pengetahuan untuk merancang, menganalisis, menerapkan dan meningkatkan kinerja sistem logistik. Selain itu, lulusan juga diharapkan untuk mampu menguasai fungsi manjaerial dalam mengkoordinasikan sumber daya yang dibutuhkan dalam sistem logistik. Kapabilit

PT POS INDONESIA MELANTIK KARYAWAN PROGRAM IKATAN DINAS LULUSAN ULBI

Bandung - Direktur Human Capital Management PT Pos Indonesia (Persero) Tonggo Marbun didampingi  Ketua Yayasan Bahkti Pos Indonesia, Dr. Cahyat Rohyana, M.M. serta Rektor Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), Dr. Ir. Agus Purnomo, MT melalui Program Management Trainee PosID (Pos Ikatan Dinas) angkatan XXVI, melantik 45 Lulusan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) yang dilaksanakan pada hari Senin, 17 Juli 2023. POS ID merupakan Seleksi Rekrutmen Karywan PT Pos Indonesia (Persero) yang sudah dibuka sejak tahun 2021. Beasiswa persembahan PT Pos Indonesia ini diperuntukkan bagi putra-putri terbaik bangsa, yang mengenyam pendidikan di ULBI dan langsung di rekrut oleh PT Pos Indonesia. Pelantikan dilakukan di Auditorium Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), Jl. Sariasih No.54 Bandung yang disaksikan oleh Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, VP HCS Ade Safruddin, Manajer Administrasi dan Sistem Informasi SDM Ade Mulyadi, Manajer Rem

© ‧ Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI). All rights reserved.

Template Blogger Indonesia