ULBI dan PT Pos Indonesia (Persero) Menandatangani MoU untuk Program Ikatan Dinas PosID


Bandung - Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) dan PT Pos Indonesia (Persero) telah secara resmi menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk meluncurkan Program Ikatan Dinas (PosID), sebuah kolaborasi yang bertujuan memberikan beasiswa dan pengembangan bagi para mahasiswa.


Penandatanganan nota kesepahaman ini, yang dilakukan pada hari Senin, 13 November 2023 di acara Rapat Pimpinan Q3 PT Pos Indonesia (Persero) Group Tahun 2023 di Ballroom "Mas Soeharto" Graha Pos Indonesia, Jl. Banda No. 30 Bandung, merupakan langkah penting dalam upaya keduanya untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi yang berkualitas sambil memberikan peluang karier yang menjanjikan di industri logistik.


Dr. Prety Diawati, S.Sos., M.M., Rektor ULBI, bersama dengan Asih Kurniasari Komar, Direktur Sumber Daya Manusia PT Pos Indonesia (Persero), menjadi perwakilan utama dalam penandatanganan kesepakatan ini. Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Utama Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Business Development dan Portfolio Management Prasabri Pesti, serta Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) Dr. Kiagus Amran, S.E., M.M.


ULBI merupakan wujud dari salah satu bisnis Pos Indonesia yang fokus di bidang pendidikan. Kampus tersebut merupakan hasil merger dari dua institusi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), yaitu Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) dan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG). Poltekpos berdiri pada 2001 dan saat ini memiliki 10 program studi (prodi). Sementara, STIMLOG berdiri pada 2013 atau berusia 9 tahun dan mempunyai dua prodi. Proses merger Poltekpos dan STIMLOG menjadi ULBI berhasil dilakukan dengan penerbitan Surat Keterangan (SK) Penggabungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) No. 334/E/O/2022 pada 24 Mei 2022. 


ULBI memiliki 16 prodi yang terwadahi dalam dua fakultas. Pertama, Fakultas Logistik, Teknologi, dan Bisnis dengan enam prodi, yaitu: S1 - Manajemen Logistik, S1 - Manajemen Transportasi, S1 - Manajemen Rekayasa, S1 - Sains Data, S1 - Bisnis Digital dan S2 – Manajemen Logistik. Kedua, Sekolah Vokasi yang memiliki 10 prodi yaitu: D3 - Manajemen Logistik, D3 - Manajemen Bisnis, D3 - Sistem Informasi, D3 - Teknik Informatika, D3 – Akuntansi, S1 Terapan - Logistik Bisnis, S1 Terapan - Manajemen Bisnis, S1 Terapan - Teknik Informatika, S1 Terapan - Akuntansi Keuangan, S1 Terapan - Ecommerce Logistics.


Program Ikatan Dinas (PosID) akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa ULBI untuk menerima beasiswa berdasarkan syarat-syarat yang telah ditetapkan. Program ini terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu: Mahasiswa Program Diploma 3 sebanyak 25 Mahasiswa dengan beasiswa dari semester 1 sampai dengan semester 6, Mahasiswa D3, D4 dan S1 sebanyak 25 mahasiswa dengan beasiswa semester akhir (semester 5 dan 6 untuk D3 dan semester 7 sampai dengan semester 8  untuk D4 dan S1), dan Mahasiswa Program D4 dan S1 sebanyak 25 mahasiswa dengan biaya mandiri.


Adapun syarat untuk menjadi peserta PosID, mempertimbangkan kualifikasi akademik, integritas pribadi, dan komitmen terhadap program ini. Calon peserta harus melewati serangkaian seleksi yang meliputi Tes Potensi Akademik, Psikotes, Tes Kesehatan, Tes Kesamaptaan, Tes Wawancara, serta memenuhi persyaratan nilai IPK, TOEFL, dan kriteria lainnya.


"Program PosID ini dirancang untuk memberikan beasiswa serta peluang karier yang solid bagi mahasiswa ULBI yang memiliki komitmen dan potensi besar dalam bidang logistik," ungkap Dr. Prety Diawati, S.Sos., M.M., Rektor ULBI.


Program PosID akan berlangsung selama 6 semester atau 3 tahun untuk program Diploma 3, dan 8 semester untuk program Diploma 4 dan Sarjana S-1. Hal ini memungkinkan para peserta untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dalam bidang mereka serta persiapan yang kokoh untuk berkarier di industri logistik, dengan penempatan di seluruh wilayah Indonesia.


Asih Kurniasari Komar, Direktur Sumber Daya Manusia PT Pos Indonesia (Persero) mengatakan, "Ini adalah bentuk komitmen Pos Indonesia dalam memberdayakan generasi muda melalui pendidikan yang berkualitas. Kolaborasi dengan ULBI dalam Program Ikatan Dinas (PosID) mencerminkan tujuan kami untuk memberikan beasiswa dan peluang bagi para mahasiswa yang berkomitmen dalam mengembangkan keterampilan mereka dalam industri logistik yang terus berkembang." Ungkapnya.


Dr. Kiagus Amran, SE., MM., Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) mengungkapkan, "Sebagai bagian dari Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), kami menyambut baik kerjasama ini sebagai langkah penting dalam memberikan akses pendidikan tinggi berkualitas kepada para mahasiswa. Program Ikatan Dinas (PosID) ini memberikan kesempatan emas bagi mereka yang berkomitmen untuk memperoleh pengetahuan mendalam dalam bidang logistik." Ungkapnya.


Kerja sama ini menandai komitmen bersama antara ULBI dan PT Pos Indonesia (Persero) dalam mendukung pendidikan tinggi yang berkualitas sambil menciptakan kesempatan berharga bagi para generasi muda Indonesia dalam mengembangkan potensi mereka. 

Dr. Prety Diawati, S.Sos., M.M., Rektor ULBI menambahkan,"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada PT Pos Indonesia (Persero) atas komitmen mereka dalam mendukung pendidikan tinggi melalui Program Ikatan Dinas (PosID) ini. Beasiswa yang diberikan tidak hanya memungkinkan akses terhadap pendidikan berkualitas tetapi juga membuka pintu bagi mahasiswa untuk mengembangkan karier yang kokoh di industri logistik. Kolaborasi ini menjadi tonggak penting bagi generasi muda dalam menggapai mimpi mereka, dan kami sangat mengapresiasi kontribusi positif dari Pos Indonesia dalam mewujudkan visi bersama untuk menciptakan masa depan yang cerah," jelasnya.


Cari Blog Ini

Kampus Swasta Terbaik di Kota Bandung!

#KuliahHarusTau Dilansir dari postingan @goodstats.id ternyata Bandung merupakan Kota kedua teratas pilihan Masyarakat Indonesia untuk Pendidikan lohhh! Sumber:  https://www.instagram.com/p/Cnd79uVSmVl/ Menurut responden, kota terbaik untuk menempuh pendidikan yaitu Kota Yogyakarta diikuti oleh Bandung, Malang, Jakarta dan Solo. Hal ini diperkuat oleh hasil FGD yang dilaksanakan oleh tim Goodstats pada tanggal 30 November 2022. Berdasarkan survei, alasan yang membuat responden memilih kota terbaik untuk menempuh pendidikan yaitu memiliki banyak kampus berkualitas (83%) dan fasilitas umum dan transportasi memadai (51%). Kota Bandung tidak hanya memiliki universitas negeri yang terkenal, tetapi juga memiliki banyak perguruan tinggi swasta yang diminati oleh banyak orang. Kota Bandung, sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, menjadi tujuan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi mereka. Jika mereka tidak diterima di universitas negeri ternama di Bandung seperti Institut Teknolo

S2 MANAJEMEN LOGISTIK ULBI RESMI DIBUKA UNTUK MENCETAK MAGISTER YANG HANDAL

Bandung – Program S2 Manajemen Logistik Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) resmi dibuka berdasarkan Surat Izin Operasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi SK. No: 515/E/O/2023. Penyerahan Salinan SK tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Juni 2023 bertempat di LLDIKTI Wilayah IV, Jl. P.H.H. Mustafa No. 38 Bandung. Penyerahan Salinan keputusan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV, M. Samsuri. Profil S2 Manajemen Logistik ULBI  Program Studi Magister Manajemen Logistik ULBI berfokus untuk menjawab kebutuhan industri. Lulusan program ini diharapkan untuk memiliki keterampilan baik secara akademis maupun praktis, khususnya untuk menyelesaikan masalah, pengetahuan untuk merancang, menganalisis, menerapkan dan meningkatkan kinerja sistem logistik. Selain itu, lulusan juga diharapkan untuk mampu menguasai fungsi manjaerial dalam mengkoordinasikan sumber daya yang dibutuhkan dalam sistem logistik. Kapabilit

Universitas Logistik dan Bisnis Internasional Kembali Tambah Lektor Kepala

  Bandung - Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) dengan bangga mengumumkan pencapaian terbaru dalam bidang akademik. Pada Senin, 6 Mei 2024, ULBI diundang oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV untuk menghadiri acara penyerahan Surat Keputusan (SK) mengenai Kelembagaan serta Jabatan Akademik Guru Besar dan Lektor Kepala yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Acara tersebut dilangsungkan di Aula Gedung A kompleks LLDIKTI Wilayah IV. Dalam acara yang dihadiri oleh berbagai institusi pendidikan tinggi di wilayah tersebut, Rektor ULBI, Dr. Prety Diawati, S.Sos., MM. turut hadir bersama dengan satu dosen ULBI yang berhasil meraih kenaikan jabatan akademik. Dr. Erna Mulyati, ST., MT., dosen dari program studi Logistik Bisnis ULBI, telah meraih prestasi gemilang dengan kenaikan pangkat menjadi Lektor Kepala Ilmu Manajemen Industri. Pencapaian ini tidak hanya membanggakan bagi ULBI tetapi juga men

© ‧ Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI). All rights reserved.

Template Blogger Indonesia