Mulai Diterapkan Oktober 2024, ULBI Gelar Seminar Implementasi Sertifikasi Halal bagi Perusahaan Logistik

 


BANDUNG - Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) bekerjasama dengan Asosiasi Halal Logistik Indonesia menggelar Seminar Halal Logistik “Menjelang Wajib Halal 2024” di Aula Kampus ULBI, Jalan Sari Asih, Kota Bandung, Senin 24 Juni 2024. 


Acara dihadiri oleh berbagai tokoh penting dan pakar di bidang logistik seperti  Direktur Operasional PT. Pos Indonesia Hariadi; CEO LBB International Marco Tieman; Rektor ITL Trisakti Yuliantini; Ketua Dewan Pakar Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Nofrisel; Direktur LPPOM MUI Muti Arintawati; Lecturer dari Universitas Prasetiya Mulya Nurhayati; VP of Corporate Transformation Group Angkasa Pura II sekaligus Ketua IKA ITL Trisakti KRAT Tommy Ariesdianto.


Acara dihadiri peserta perwakilan perusahaan dan asosiasi logistik di Indonesia, dosen dan staf akademik ULBI serta peserta seminar lainnya.


Dalam sambutannya, Rektor ULBI Prety Diawati menyatakan, kewajiban sertifikasi halal bagi perusahaan logistik di Indonesia adalah topik yang sangat relevan dan penting. Hal itu seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen terhadap produk halal dan peraturan yang semakin ketat dari pemerintah. 


“Perusahaan logistik harus siap memenuhi standar sertifikasi halal untuk menjamin kepuasan dan kepercayaan konsumen. Halal bukan sekadar label, tetapi mencakup prinsip kebersihan, keamanan, dan kejujuran dalam proses produksi dan distribusi,” katanya. 


Implementasi sertifikasi halal bagi perusahaan logistik bukan hanya tentang mematuhi regulasi, tetapi juga tentang komitmen terhadap kualitas dan integritas. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki tanggung jawab besar memastikan bahwa setiap aspek dari rantai pasok makanan dan produk lainnya memenuhi standar halal. 


Rektor ULBI juga berterima kasih kepada Dr. Marco Tieman, seorang ahli logistik halal dari Malaysia, dan para pembicara lainnya yang telah hadir dan berbagi pengetahuan serta pengalaman mereka. 


"Kehadiran Bapak/Ibu tentu akan memberikan wawasan dan perspektif baru yang sangat berharga bagi kita semua. Pengalaman Bapak/Ibu pembicara di bidang logistik halal akan membantu kita memahami bagaimana menerapkan standar halal dalam operasi logistik sehari-hari, serta bagaimana menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada," katanya.


Menurut dia, seminar ini bertujuan memberikan pemahaman lebih mendalam tentang pentingnya sertifikasi halal, proses implementasinya, serta tantangan dan peluang yang dihadapi perusahaan logistik dalam memenuhi kewajiban ini. Para pakar akan membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka yang diharapkan sangat berharga bagi para peserta seminar.


Prety juga menekankan bahwa peran perusahaan logistik sangat krusial dalam memastikan kehalalan produk. "Dari proses pengangkutan, penyimpanan, hingga distribusi akhir, semua harus terjamin kehalalannya. Ini bukan tugas yang mudah, namun dengan kerjasama dan komitmen yang kuat, kita dapat mencapainya," ujarnya.


Prety mengingatkan bahwa sertifikasi halal bukan hanya tentang kepatuhan terhadap peraturan, tetapi juga tentang tanggung jawab moral dan etika dalam menyediakan produk dan layanan yang aman dan terpercaya bagi konsumen. 


Sementara itu, Networking dan Marketing LPPOM MUI Andriawan Subekti mengatakan, halal logistik ini merupakan suatu hal yang wajib dipenuhi, sesuai aturan pemerintah berlaku Oktober 2024. Perusahaan logistik wajib bersertifikat halal karena terlibat dalam rantai pasok barang atau produk seperti makanan minuman kosmetik farmasi dan lain-lain.


“Logistik halal pada dasarnya ingin menjamin produk yang bersertifikat halal tetap terjamin kehalalannya bebas dari kontaminasi bahan alam dan najis saat diangkut perusahaan logistik,” jelas dia. 


Di Indonesia, sertifikasi halal perusahaan logistik sangat penting karena di Indonesia mayoritas penduduknya muslim. Kemudian trend produk halal juga semakin meningkat. Apalagi ada regulasi yang mengharuskan adanya sertifikasi halal bagi perusahaan logistik. 


Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Logistik Halal Indonesia Rizki Utomo mengatakan, seminar ini dalam rangka meningkatkan pemahaman dan penerapan halal logistik di Indonesia. Acara ini bertujuan untuk mengatasi masalah rendahnya jumlah perusahaan logistik bersertifikat halal di Indonesia.


Saat ini, kurang dari 100 perusahaan logistik di Indonesia yang memiliki sertifikat halal, padahal jumlah perusahaan logistik mencapai ribuan. Menurut peraturan pemerintah PP Nomor 33 Tahun 2014, seluruh perusahaan logistik diwajibkan memiliki sertifikat halal paling lambat pada 17 Oktober tahun ini. *

Cari Blog Ini

Kampus Swasta Terbaik di Kota Bandung!

#KuliahHarusTau Dilansir dari postingan @goodstats.id ternyata Bandung merupakan Kota kedua teratas pilihan Masyarakat Indonesia untuk Pendidikan lohhh! Sumber:  https://www.instagram.com/p/Cnd79uVSmVl/ Menurut responden, kota terbaik untuk menempuh pendidikan yaitu Kota Yogyakarta diikuti oleh Bandung, Malang, Jakarta dan Solo. Hal ini diperkuat oleh hasil FGD yang dilaksanakan oleh tim Goodstats pada tanggal 30 November 2022. Berdasarkan survei, alasan yang membuat responden memilih kota terbaik untuk menempuh pendidikan yaitu memiliki banyak kampus berkualitas (83%) dan fasilitas umum dan transportasi memadai (51%). Kota Bandung tidak hanya memiliki universitas negeri yang terkenal, tetapi juga memiliki banyak perguruan tinggi swasta yang diminati oleh banyak orang. Kota Bandung, sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, menjadi tujuan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi mereka. Jika mereka tidak diterima di universitas negeri ternama di Bandung seperti Institut Teknolo

S2 MANAJEMEN LOGISTIK ULBI RESMI DIBUKA UNTUK MENCETAK MAGISTER YANG HANDAL

Bandung – Program S2 Manajemen Logistik Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) resmi dibuka berdasarkan Surat Izin Operasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi SK. No: 515/E/O/2023. Penyerahan Salinan SK tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Juni 2023 bertempat di LLDIKTI Wilayah IV, Jl. P.H.H. Mustafa No. 38 Bandung. Penyerahan Salinan keputusan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV, M. Samsuri. Profil S2 Manajemen Logistik ULBI  Program Studi Magister Manajemen Logistik ULBI berfokus untuk menjawab kebutuhan industri. Lulusan program ini diharapkan untuk memiliki keterampilan baik secara akademis maupun praktis, khususnya untuk menyelesaikan masalah, pengetahuan untuk merancang, menganalisis, menerapkan dan meningkatkan kinerja sistem logistik. Selain itu, lulusan juga diharapkan untuk mampu menguasai fungsi manjaerial dalam mengkoordinasikan sumber daya yang dibutuhkan dalam sistem logistik. Kapabilit

PT POS INDONESIA MELANTIK KARYAWAN PROGRAM IKATAN DINAS LULUSAN ULBI

Bandung - Direktur Human Capital Management PT Pos Indonesia (Persero) Tonggo Marbun didampingi  Ketua Yayasan Bahkti Pos Indonesia, Dr. Cahyat Rohyana, M.M. serta Rektor Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), Dr. Ir. Agus Purnomo, MT melalui Program Management Trainee PosID (Pos Ikatan Dinas) angkatan XXVI, melantik 45 Lulusan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) yang dilaksanakan pada hari Senin, 17 Juli 2023. POS ID merupakan Seleksi Rekrutmen Karywan PT Pos Indonesia (Persero) yang sudah dibuka sejak tahun 2021. Beasiswa persembahan PT Pos Indonesia ini diperuntukkan bagi putra-putri terbaik bangsa, yang mengenyam pendidikan di ULBI dan langsung di rekrut oleh PT Pos Indonesia. Pelantikan dilakukan di Auditorium Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), Jl. Sariasih No.54 Bandung yang disaksikan oleh Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, VP HCS Ade Safruddin, Manajer Administrasi dan Sistem Informasi SDM Ade Mulyadi, Manajer Rem

© ‧ Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI). All rights reserved.

Template Blogger Indonesia